Semangka Dalam Pot, Cara Menanam Tepat Buahnya Lebat

Semangka Dalam Pot, Cara Menanam Tepat Buahnya Lebat – Sobat pecinta buah, buah semangka merupakan buah kaya air yang pasti sudah tidak asing lagi. Buah yang menyegarkan dan mengandung banyak vitamin itu sering digunakan sebagai pencuci mulut setelah makan.

Semangka lebih sering diatanam pada daerah tegalan dan di sawah. Namun, ternyata Sobat yang bertempat tinggal di kota terutama yang memiliki lahan sempit, dapat menanam semangka di dalam pot. Menanam semangka dalam pot sejatinya sangatlah mudah dan bisa Sobat praktikkan di rumah.

Waktu panen buah semangka biasanya dalam waktu tiga bulan setelah tanam. Tentunya akan sangat menyenangkan jika Sobat bisa mengetahui cara menanam semangka sendiri di halaman rumah dan memetik buahnya dengan waktu yang relatif singkat.

Cara Menanam Semangka Dalam Pot

Media pot menjadi salah satu alternatif dalam menanam tanaman hias maupun buah, salah satunya menanam semangka. Cara menanam buah semangka dengan media pot sangat mudah dilakukan.

Menanam semangka dalam media ini akan lebih memudahkan Sobat untuk melakukan perawatan, pengawasan, dan pengontrolan.

Keuntungan lain media pot tidak terlalu makan tempat. Akan sngat pas jika Sobat meletakkan pot di halaman belakang rumah, teras depan, bahkan di gudang yang tidak terpakai.

Ada beberapa hal penunjang yang harus Sobat ketahui sebelum mencoba menanam semangka dalam pot

Syarat Tumbuh Semangka Dalam Pot

Meskipun cara menanam semangka dalam pot terbilang mudah, namun Sobat harus memahami beberapa hal yang menunjang proses pertumbuhan tanaman semangka dalam pot.

Beberapa hal yang perlu Sobat ketahui adalah sebagai berikut:

Tanah yang dibutuhkan tanaman semangka untuk tumbuh harus memiliki unsur hara yang cukup agar tanaman tumbuh optimal.

Baca Juga :  Biodata Fritz Haber Penemu Proses Ammonia

Iklim sekitar yang dibutuhkan untuk semangka adalah didataran rendah ataupun dataran tinggi dengan ketinggian kurang dari 1000 mdpl.

Kondisi pH tanah yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman semangka dalam pot. Salah satunya pH netral yang cocok sekitar 5 sampai 7 untuk menunjang hasil yang maksimal.

Setelah mengetahui syarat tumbuh yang dibutuhkan, selanjutnya Sobat dapat melakukan persiapan bibit semangka pada langkah selanjutnya.

Pemilihan Benih Semangka

Hasil buah yang bagus tentu berasal dari bibit yang bagus pula. Pemilihan bibit yang berkualitas sangat penting dilakukan untuk menghasilkan tanaman berkualitas dan berbuah lebat.

Benih atau bibit semangka yang bagus dapat Sobat beli di toko pertanian dengan jenis dan varietas yang beragam.

Benih yang di pilih harus sehat, berwarna hitam mengkilap atau kecoklatan

Benih menunjukan penampakan yang bagus, tidak terkena hama dan tidak abnormal.

Setelah memilih benih semangka yang sesuai dan tepat, untuk mendapatkan pertumbuhan semangka dalam hasil yang bagus. Perlunya mendapatkan bibit semangka yang tumbuh seragam dan sehat, salah satunya dengan melalui tahapan selanjutnya ya Sob.

Proses Penyemaian Benih Semangka

Setelah memilih benih semangka sesuai varietas yang dibutuhkan. Maka langkah selanjutnya yaitu Sobat dapat melakukan proses penyemaian benih semangka.

Sobat bisa memulai dengan membersihkan benih semangka yang sudah disiapkan tadi.

Kemudian lakukan perendam benih dengan menggunakan air hangat dan pupuk organik.

Tujuan dari perendaman agar semangka yang Sobat tanam tidak mudah terserang hama dan penyakit terutama yang disebabkan oleh jamur serta dapat mempercepat keluarnya calon akar.

Waktu yang dibutuhkan dalam proses perendaman adalah sehari sebelum tanam ya Sob. Hal ini untuk mengoptimalkan pertumbuhan pada benih yang akan ditanam.

Tahapan Penyemaian Benih Semangka Dalam Polybag

Langkah selanjutnya untuk menanam benih semangka sekaligus melakukan penyemaian benih pada polybag yang sebelumnya telah Sobat rendam.

Menanam benih semangka dalam polybag bertujuan untuk mendapatkan bibit semangka yang seragam dalam pertumbuhannya sebelum dipindahkan pada media tanam pot.

Mempersiapkan Media Tanam

Langkah selanjutnya untuk memulai cara menanam semangka dalam pot tentu yang dibutuhkan mempersiapkan alat maupun bahan yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Biodata Teuku Umar

Media tanam yang tepat dan sesuai akan menghasilkan pertumbuhan semangka secara maksimal.

Komposisi Media Tanam Semangka Dalam Pot

Pertumbuhan tanaman semangka yang bagus ditentukan dengan komposisi media tanam yang tepat. Untuk mempersiapkan hasil yang maksimal, komposisi media tanam yang tepat akan menunjang kualitas tanaman semangkan tumbuh.

Sobat bisa mencampurkan tanah yang gembur, subur, dan banyak mengandung organik, misalnya tanah di bawah pohon bambu atau tanah bekas bakaran.

Kemudian aduk tanah dengan pupuk kompos atau pupuk kandang secara merata dengan perbandingan 1:1.

Tambahkan juga arang sekam dan pupuk organik untuk lebih memperkaya nutrisi dan bakteri menguntungkan bagi akar tanaman.

Kemudian masukkan tanah bercampur pupuk tersebut kedalam pot hingga merata ya Sob.

Tahapan selanjutnya yaitu tanah dimasukkan ke dalam pot hingga rata permukaan, kemudian lakukan penyiraman hingga lembab.

Media siap ditanami oleh bibit semangka yang sudah disemai.

Proses Penanaman Bibit Tanaman Semangka di Pot

Setelah bibit semangka sudah tumbuh maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemindahan bibit semangka yang sudah tumbuh kedalam pot.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan proses pemindahan bibit semangka yang tumbuh sebagai berikut:

Bibit semangka yang menunjukkan pertumbuhan daun yang jumlahnya kurang lebih 3 helai bisa sobat pindahkan dalam media pot.

Sobat bisa memilih waktu sore hari untuk memulai proses pemindahan bibit sekaligus menjadi waktu terbaik dalam proses penanaman yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Langkah selanjutnya yaitu tahapan proses pemindahan dan penanaman bibit tanaman semangka.

Keluarkan bibit tanaman semangka dengan hati-hati, usahakan saat mengeluarkannya menggunakan bambu ukuran sedang.

Bibit tanaman yang sudah dikeluarkan beserta akan tanamannya, maka langkah selanjutnya dengan melubangi media tanam pada posisi tengah pot.

Kemudian masukkan bibit tanaman semangka dalam lubang tanam pot media tanam. Kemudian tutup secara perlahan dengan media tanah dalam pot.

Setelah itu pastikan bibit tanaman semangka tertutup secara baik dan Sobat bisa menyirami media tanam dengan air sampai kondisi tanah cukup basah.

Baca Juga :  Link Download Logo HUT ke 77 Indonesia Tahun 2022 PNG

Pemeliharaan Tanaman Semangka

Setelah mencapai penanaman selama seminggu, Sobat harus bisa melakukan perawatan dan pemeliharaan pada tanaman semangka yang ada didalam pot.

Tahapan yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman semangka adalah sebagai berikut:

Penyiangan

Tanaman semangka termasuk tanaman yang rentan sekali terhadap serangan hama dan penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya Sobat rutin menjaga kebersihan lahan dari gulma/rumput-rumputan liar.

Serta memperbanyak memasang perangkap hama terutama selama tanaman semangka masih dalam masa pertumbuhan.

Penyulaman

Langkah selanjutnya dalam proses perawatan tanaman semangka yang tepat, juga melakukan penyiangan secara tepat. Penyiangan ini dapat dilakukan untuk memaksimalkan tanaman semangka yang masih dalam proses pertumbuhan.

Sobat bisa melakukan penyulaman dengan cara mengganti tanaman yang yang mati dengan menanam bibit yang baru. Kemudian Sobat memasang ajir jika tanaman sudah terlihat mulai merambat. Ajir berguna sebagai tempat rambatan tanaman sehingga tanaman tidak menjalar kemana-mana.

Penyiraman

Semangka yang subur tentu akan menghasilkan pertumbuhan yang optimal. Salah satunya dengan melakukan penyiraman dilakukan dua kali pagi dan sore setiap hari sampai seminggu. Selanjutnya takaran penyiraman dapat dilakukan sehari sekali saja ya Sob.

Pemupukan Semangka dalam Pot

Pemupukan lanjutan setelah dilakukan pindah tanam dengan cara menyemprot tanaman dengan pupuk organik setiap seminggu sekali.

Pencegahan Hama dan Penyakit Semangka

Saat musim hujan biasanya tanaman semangka mudah sekali terkena penyakit. Oleh karena itu Sobat dituntut untuk bisa memantau dan merawat tanaman semangka sobat agar tidak sampai terserang hama atau penyakit.

Proses Pemanenan Buah Semangka dalam pot

Sebaiknya panen dilakukan pada pagi hari saat kondisi tanaman masih segar. Caranya adalah dengan memotong tangkai buah menggunakan pisau atau gunting potong dan sisakan tangkai kurang lebih 3 – 5 cm dari pangkal buah.

Setelah itu Sobat tempatkan buah semangka ditempat sejuk, dan usahakan agar tidak ditumpuk. Waktu panen sendiri ditemui perbedaan kriteria antar petani daerah satu dengan daerah lain. Hal tersebut karena petani menyesuaikan permintaan pasar.

Pemanenan tanaman semangka dilakukan ketika tanaman sudah berumur 2-3 bulan tergantung kondisi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Sobat bisa mulai memanen buah yang siap dipanen, yang ditandai dengan buah sudah membesar, warna mengkilap, tangkai batang menguning dan lainnya. Pemanenan dapat dilakukan dengan memetiknya langsung atau memotong menggunakan pisau atau gunting.

Itulah tahapan cara menanam semangka dalam pot yang bisa Sobat maksimalkan di rumah, semoga artikel ini bermanfaat ya Sob.