pengertian vertikultur
vertikultur

Pengertian Vertikultur, Cari Tahu Yuk!

Pengertian Vertikultur, Cari Tahu Yuk! – Sobat Waca Berita, semoga selalu sehat. Dunia pertanian sekarang ini berkembang sangat cepat, seiring dengan perkembangan teknologi tentunya. Tidak hanya itu, semakin lama, lahan untuk menanam terutama di perkotaan semakin sempit, maka perlu dilakukan langkah untuk mengatasi hal tersebut.

Salah satu upaya para petani agar tetap bisa menanam tanaman dengan maksimal pada lahan yang terbatas adalah dengan metode vertikultur.

Sudah pernah dengar tentang “Vertikultur” Sob?

Menurut berbagai sumber, kata “Vertikultur” berasal dari 2 kata bahasa inggris berupa Vertical dan Culture. Vertical artinya tegak lurus atau menurun, dan Culture memiliki arti pemeliharaan, sehingga vertikultur dapat diartikan sebagai teknik pemeliharaan atau pengertian budidaya tanaman dengan pola vertikal (tegak lurus).

Teknik penanaman secara vertikultur dalam sejarahnya dikenalkan oleh sebuah perusahaan benih di Swiss pada tahun 1944 yang merujuk sebuah ide Vertical Garden. Kemudian teknik vertikultur menyebar di negara Eropa yang memiliki iklim sub-tropis.

Pengertian Vertikultur

Pengertian vertikultur adalah sistem budidaya pertanian yang dilaksanakan secara vertikal atau bertingkat pada skala indoor maupun outdoor. Pada umumnya vertikultur dilakukan menggunakan bangunan atau model wadah tertentu untuk penanaman, tergantung kondisi tempat dan keinginan setiap orang.

Pengertian Vertikultur Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut definisi vertikultur menurut para ahli, antara lain;

Nitisapto (1993)

Vertikultur adalah cara bertani atau bercocok tanam menggunakan media tanam dalam wadah-wadah yang disusun secara vertikal (bertingkat) guna memanfaatkan ruang atau lahan terbatas.

Indonesia negara dengan iklim tropis juga mulai menerapkan teknik ini karena sangat membantu kebutuhan pangan yang meningkat namun ketersediaan lahan yang menurun. Teknik penanaman secara vertikultur awalnya hanya digunakan untuk ajang pameran tanaman yang dilaksanakan di taman, kebun maupun rumah kaca.

Baca Juga :  Review Iphone SE 2020 Beserta Spesifikasi dan Harga Terbaru

Saat ini vertikultur mulai diterapkan dirumah-rumah khususnya para ibu rumah tangga yang hobi bercocok tanam. Secara umum vertikultur digunakan untuk menanam sayuran seperti bayam, kangkung, seledri, maupun tanaman hias yang batang berair.

Demikian informasi tentang pengertian vertikultur, semoga bermanfaat ya Sob!