Biodata Bill Gates Penemu Microsoft Windows

Biodata Bill Gates Penemu Microsoft Windows

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Bill Gates seorang penemu Microsoft Windows. Penasaran ingin tahu tentang penemu Microsoft Windows. simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Bill Gates :

Nama Lengkap : William Henry “Bill” Gates
Dikenal : Bill Gates
Lahir : Washington, Amerika, 28 Oktober 1955
Orang Tua : William H. Gates (ayah), Mary Maxwell Gates (Ibu)
Saudara : Libby Gates, Kristi Gates
Istri : Melinda Gates
Anak : Jennifer Katherine Gates, Rory John Gates
Pekerjaan : Pendiri Microsoft
Kekayaan : 92.4 milliar dollar US / 1.283 triliun rupiah (Forbes, Mei 2018)

 

William Henry “Bill” Gates adalah Penemu sekaligus Pendiri Microsoft ini dikenal sebagai seorang enterprenuer dan juga pengusaha sukses di dunia. Bersama dengan rekannya Paul Allen, dia mendirikan perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia yaitu Microsoft.

Kehidupan awal

Bill Gates lahir di Seattle, Washington, pada tanggal 28 Oktober 1955, dari pasangan William H. Gates, Sr. dan Mary Maxwell Gates. Keluarganya termasuk masyarakat menengah ke atas, ayahnya adalah pengacara ternama, ibunya bekerja sebagai anggota dewan direktur First Interstate BancSystem.

Gates mempunyai seorang kakak bernama Kristianne dan seorang adik bernama Libby. Dia merupakan keturunan keempat dalam keluarganya, namun dikenal sebagai William Gates III atau “Trey” karena ayahnya menyandang akhiran “II”.

Gates tertarik dengan komputer sejak saat dia masih berusia dini. Perkenalannya dengan komputer saat dia berusia 13 tahun. Ketika itu, Mothers Club di sekolahnya, Lakeside School, membeli sebuah terminal Teletype Model 33 ASR dan beberapa komputer General Electric (GE) untuk para siswa.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Chicken Pok Pok

Melihat komputer itu, Gates tertarik dan mulai mempelajarinya. Gates tertarik dengan kemampuan mesin tersebut mengeksekusi kode perangkat lunak dengan sempurna dan menulis program komputer pertamanya di sini menggunakan bahasa pemrograman BASIC.

Dari situ, dia mempelajari sistem lain, termasuk sistem minikomputer DEC PDP, khususnya PDP-10 yang dimiliki oleh Computer Center Corporation (CCC). Penggunaan komputer PDP-10 ini dibatasi waktu.

Gates bersama beberapa temannya seperti Paul Allen, Ric Welland, dan Kent Evans, mengeksploitasi sebuah bug pada sistem operasi untuk memperoleh waktu tambahan penggunaan komputer. Namun mereka ketahuan dan akhirnya dilarang oleh CCC untuk mengakses sistem itu selama musim panas.

Bill Gates mempelajari bahasa pemrograman

Pada saat menjelang akhir masa hukuman, keempatnya malah ditawarkan untuk menemukan bug lain di perangkat lunak CCC dengan imbalan waktu tambahan untuk penggunaan komputer. Di kantor CCC inilah Gates mempelajari kode sumber berbagai program, termasuk program yang ditulis dalam bahasa FORTRAN dan LISP.

Bill Gates dan kawannya bekerja di sana hingga tahun 1970 ketika itu CCC ditutup karena bangkrut. Gates juga mendapat pekerjaan tambahan ketika sekolah memintanya untuk membuat program pengatur jadwal kelas siswa.

Pada usia 17 tahun, Gates dan Allen mendirikan Traf-O-Data yang fokus pada sistem penghitung lalu lintas yang berbasis prosesor Intel 8008. Bill Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973.

Setelah itu ia mengambil tes SAT dan mendapatkan skor yang sangat tinggi, yaitu 1590 dari 1600. Dengan nilai itu, ia diterima di Harvard College di mana ia bertemu dengan Steve Ballmer yang kelak menggantikan Gates sebagai CEO Microsoft.

Pada tahun keduanya di Harvard, Gates merancang sebuah algoritma untuk penyortiran panekuk sebagai solusi atas satu dari serangkaian masalah yang belum terpecahkan dalam kelas kombinatorika oleh Harry Lewis, salah seorang profesornya.

Baca Juga :  Biodata Idham Chalid, Pahlawan Nasional

Solusi Gates memegang rekor sebagai versi tercepat selama 30 tahun. Solusinya kemudian diresmikan dalam bentuk cetakan bekerjasama dengan ilmuwan komputer Harvard, Christos Papadimitriou.

Gates masih berkomunikasi dengan Paul Allen, dan dia bergabung dengannya di Honeywell pada musim panas 1974. Pada tahun berikutnya, MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan.

Gates dan Allen melihat peluncurannya sebagai ide untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Dia telah membicarakan keputusan ini bersama orang tuanya yang mendukungnya untuk mendirikan perusahaan.

Sesudah membaca majalah Popular Electronics edisi Januari 1975 yang mendemonstrasikan Altair 8800, Gates menghubungi Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS), pencipta mikrokomputer baru tersebut, dan menginformasikan bahwa dia dan teman-temannya sedang mengerjakan penerjemah BASIC untuk digunakan sebagai platformnya.

Kenyataannya, Gates dan Allen tidak memiliki komputer Altair dan belum menulis sebarispun kode BASIC, mereka hanya ingin membuat MITS tertarik. Menanggapi informasi tersebut, Presiden MITS Ed Roberts setuju menemui mereka untuk melihat demonya.

Mereka mengembangkan emulator Altair yang beroperasi di sebuah minikomputer dan kemudian penerjemah BASIC. Demonstrasi yang diadakan di kantor MITS di Albuquerque tersebut berhasil dan menghasilkan kesepakatan dengan MITS untuk mendistribusikan penerjemah ini dengan nama Altair BASIC.

Paul Allen dipekerjakan di MITS, Gates kemudian memutuskan untuk absen dari Harvard untuk bekerja bersama Allen pada November 1975. Mereka membuat perusahaan kemitraan dan memberinya nama “Micro-Soft” dengan kantor pertamanya di Albuquerque.

Satu tahun selanjutnya, tanda penghubung pada nama “Micro-soft” dihapus dan pada 26 November 1976, nama dagang “Microsoft” didaftarkan di Kementerian Luar Negeri New Mexico.

Pada Februari 1976, Gates menulis “Open Letter to Hobbyists” di surat berita MITS yang menyatakan bahwa MITS tidak boleh memproduksi, mendistribusikan, dan mempertahankan perangkat lunak berkualitas tinggi tanpa membayarnya.

Baca Juga :  Biodata George Hancock Penemu Olah Raga Sofball

Pada akhir 197 Microsoft terbebas dari MITS dan terus mengembangkan perangkat lunak bahasa pemrograman untuk berbagai sistem. Pada 1 Januari 1979, Gates memindahkan kantor pusat Microsoft dari Albuquerque ke Bellevue, Washington.

Pada 20 November 1985 Microsoft meluncurkan versi ritel pertama Microsoft Windows, dan pada bulan Agustus, perusahaan ini mencapai persetujuan dengan IBM untuk mengembangkan sistem operasi terpisah bernama OS/2.

Meski kedua perusahaan ini berhasil mengembangkan versi pertama dari sistem ini, perbedaan tingkat kreativitas merusak kerjasama ini. Gates mengeluarkan memo internal pada 16 Mei 1991 yang mengumumkan bahwa kerjasama OS/2 berakhir dan Microsoft mengalihkan operasinya ke pengembangan kernel Windows NT.

Penutup

Itulah biodata Bill Gates seorang penemu Microsoft Windows, semoga bisa bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

 

baca juga : Biodata Bette Nesmith Graham Penemu Tipp-ex / Liquid Paper

 

sumber : wikipedia.org