Biodata Heinrich Gobel Penemu Bola Lampu

Biodata Heinrich Gobel Penemu Bola Lampu

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Henrich Gobel seorang penemu bola lampu. Penasaran ingin tahu tentang penemu bola lampu, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Heinrich Gobel :

Lahir : 20 April 1818, Springe, Jerman.

Meninggal : 4 Desember 1893

Dikenal atas : penemu bola lampu

Orang tua : Ayahnya Heinrich Christian Göbel dan  ibunya Marie Eleonore née huper

Pasangan : Sophie Lubke née Rodewig

Anak : Johann Carl dan Marie Sophie 

Heinrich Gobel  kemudian berganti menjadi Henry Goebel seorang  mekanik presisi dan penemu. Dia beremigrasi pada tahun 1848 ke New York City dan tinggal di sana sampai kematiannya. Pada tahun 1865, Dia menerima kewarganegaraan Amerika.

Pada tahun 1893 masyarakat di Amerika Serikat dan di Eropa memerhatikan Henry Goebel. Majalah dan surat kabar melaporkan bahwa Henry Goebel telah mengembangkan bola lampu pijar sebanding dengan yang ditemukan pada tahun 1879 oleh Thomas Alva  Edison 25 tahun sebelumnya. Namun Henry Goebel tidak mengajukan permohonan paten.

Kehidupan awal

Heinrich Göbel lahir pada tanggal 20 April 1818 di Springe dekat Hanover di Jerman. Ayahnya bernama Heinrich Christian Göbel, berprofersi sebagai seorang tukang kebun dan kemudian salesman door-to-door untuk cokelat. Ibunya bernama Marie Eleonore née huper.

Henry Goebel selesai sekolah dengan hasil yang buruk pada tahun 1832. Pada tahun 1834 guru tukang kunci Gerhard Linde dari Springe mengakui Henry Goebel pernah magang selama 3 tahun. Hal ini tidak diketahui apakah Henry Goebel selesai pelatihan ini.

Pada tahun 1837 Gobel mulai bekerja sebagai mekanik perbaikan di pasar. Pada tahun 1844 Henry Goebel menikah dengan Sophie Lubke née Rodewig. Dan kikaruniai seorang Putra bernama Johann Carl lahir tahun 1846, dan seorang putri bernama Marie Sophie pada tahun 1848.

Baca Juga :  Biodata Leonhard Euler Penemu Rumus Matematika

Pada tahun 1848, pada usia 30, Henry Goebel dan keluarganya pindah ke New York City. Mereka meninggalkan Jerman pada tahun 1848 di atas kapal berlayar “JWAndrews” dan tiba di New York pada bulan Januari 1849. Menurut daftar penumpang kapal, dia berprofesi sebagai “mekanik”. Alasan emigrasi tidak diketahui.

New York 1849-1893

Di New York Henry Goebel membuka toko di Monroe Street yang melayani perhiasan, sewrvis arloji dan Toko Optician. Untuk mendapatkan lebih banyak uang, Henry Goebel membuat sebuah teleskop. Sekitar tahun 1850-an dan 1860-an dia memiliki teleskop yang lebih besar pada kereta kuda ke Union Square di malam hari dan dengan membayar, orang bisa menggunakan teleskop tersebut untuk mengamati bintang-bintang.

Pada tanggal 9 Mei 1865 Henry Goebel memperoleh US Patent No 47,632 “Hemmer untuk mesin jahit.” Mungkin dia mendapat ide ketika berpikir tentang bagaimana untuk membuat pekerjaan menjahit putrinya lebih mudah. Dia tidak berhasil menjual paten.

Pada tanggal 30 April 1882 New York Times melaporkan tentang pameran lampu pijar di toko Goebel ini. Menurut laporan ini Henry Goebel bercerita, bahwa lampu listrik bukanlah hal yang baru, dia mengatakan bahwa dia tahu jenis cahaya sejak dia berada di Jerman.

Henry Goebel menegaskan bahwa dia menghasilkan lampu listrik sejak tahun 1850-an tanpa memberikan rincian teknis. Lampu yang ada di pameran itu adalah bola lampu pijar dengan karbon-filamen berresistensi tinggi yang terbuat dari serat-serat buluh.

Pada tahun 1882 dua paten diberikan kepada Henry Goebel, sebuah peningkatan pompa vakum Sistem Geissler dan solusi untuk menghubungkan karbon filamen dan kabel logam dalam bola lampu.

Pada tahun 1882 Goebel membuat tawaran untuk menjual penemuannya kepada Edison Electric Light Co untuk beberapa ribu dolar, tetapi Edison tidak melihat cukup manfaat dalam penemuan ini untuk menerima tawaran tersebut.

Baca Juga :  Biodata Hans Von ohain Penemu Mesin Jet Turbo

Pada tahun 1880-an beberapa pengacara paten menemui Henry Goebel karena laporan di New York Times tahun 1882. Mereka tertarik pada bola lampu pijar awal untuk memindahkan paten Edison tahun 1880 yang dipertanyakan. Kemudian mereka mengatakan, tidak ada banyak bukti, dan Henry Goebel tidak mampu menghadirkan lampu tuanya.

Wafat

Pada tahun 1887 istri Henry Goebel, Sofie meninggal. Pada akhir 1880-an Henry Goebel pensiun dan putranya Henry Goebel Jr meneruskan menjadi pemilik toko. Pada tahun 1893 pengacara Paten Witter & Kenyon, New York, menjadi nasihat pertahanan dalam tiga kasus pelanggaran paten.

Henry Goebel meninggal pada tanggal 4 Desember 1893 karena pneumonia . dia dimakamkan di Green-Wood Cemetery.

Penutup

Itulah biodata Henrich Gobel seorang penemu bola lampu. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Henrich Focke Penemu Propulsi Poros Turbo

sumber : Biografi.Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski