Biodata Reginald Aubrey Fessenden Penemu Radio, Alternator dan Detektor

Biodata Reginald Aubrey Fessenden Penemu Radio, Alternator dan Detektor

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Reginald A. Fessenden seorang penemu radio, alternator dan detektor. Penasaran ingin tahu tentang penemu radio, alternator dan detektor, simak penjelasannya berikut ini.

Reginald Aubrey Fessenden adalah penemu radio (1906), ahli fisika asal Amerika Serikat, insinyur, guru besar, dan penemu. Fessenden lahir di Bolton Timur, Quebec, Kanada, pada tanggal 6 Oktober 1866.

Sesudah Edison, Fessenden adalah orang yang paling banyak penemuannya di dunia. Edison membuat 3000 penemuan. Fessenden membuat 500 penemuan, antara lain : alternator, detektor, heterodin, fathometer, dan penggerak turbo listrik untuk kapal tempur.

Alternator adalah alat untuk membangkitkan listrik dan untuk menghasilkan arus bolak-balik. Alat ini memungkinkan terciptanya radio telepon. Detektor adalah alat untuk mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah. Heterodin adalah alat untuk mengubah frekuensi radio hingga frekuensi itu mudah diatur dan dapat diperkuat.

Fessenden bersekolah di Trinity Collage di Port Hope, Ontario, dan di Bishop’s University di Lennoxville, Quebec. Fessenden lalu menjadi guru dan kepala sekolah di Whitney Institute. Disini Fessenden mulai mengadakan eksperimen di bidang listrik dan kimia.

Karena minatnya terhadap ilmu pengetahuan terapan makin besar, maka Fessenden pindah ke New York. Fessenden memutuskan berhenti menjadi guru dan melamar pekerjaan pada Laboratorium Edison di Orange, New York. Lamarannya diterima. Fessenden diangkat menjadi kepala bagian bidang kimia.

Pada tahun 1890 Fessenden pindah kerja ke Perusahaan Listrik Westinghouse. Namun dua tahun kemudian pekerjaan itu ditinggalkannya karena Fessenden ingin menjadi guru lagi. Selama delapan tahun (1892-1900), Fessenden menjadi guru besar pada Universitas Purdue dan Pitssburg. Tapi kemudian Fessenden ingin mengadakan eksperimen lagi. Maka ditinggalkannya Universitas itu.

Baca Juga :  Biodata Gertrude B. Elionp Penemu Obat Penghambat Proses Leukemia

Eksperimennya berhasil. Fessenden mendirikan stasiun pemancar di Brant Rock, Massachusetts. Pada Hari Natal tanggal 24 Desember 1906, Fessenden mengirimkan siaran radio yang pertama di dunia.

Morse mengirimkan Kode Morse dengan kawat. Marconi mengirimkan Kode Morse tanpa kawat. Fessenden mengirimkan musik dan suara manusia tanpa kawat. Bell menemukan telepon. Dengan perkataan lain Marconi menemukan telegraf, Fessenden menemukan radio telepon. Itulah istilah yang dipakai pada waktu itu.

Kematian

Reginald Aubrey Fessenden meninggal dunia pada tanggal 22 Juli 1932 pada usia 65 tahun di Kepulauan Bermuda, kira-kira 1000 kilometer sebelah tenggara New York.

Penutup

Itulah biodata Reginald A. Fessenden seorang penemu radio, alternator dan detektor. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

 

 

 

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski