Jawaban Bacaan Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan

Jawaban Bacaan Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan

Table of Contents

Jawaban Bacaan Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan- Hai sob, Masih ingatkah kamu mengenai perpindahan panas atau kalor dengan  cara konduksi? Perpindahan panas dengan cara ini, memerlukan zat  perantara yang membantunya mengalirkan panas dari sumber panas  ke benda yang lain. Ingatlah bahwa panas mengalir dari tempat yang  panas menuju tempat yang lebih dingin. Ada perantara panas yang  dapat menghantarkan panas dengan baik, ada yang tidak. Kali ini waca berita akan membahas Jawaban Bacaan Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 6 sub tema 3 pembelajaran 1

Pengaruh Kalor terhadap
Kehidupan

Di suatu sore, Ibu sedang menyiapkan makan malam di dapur, dan Lani baru saja menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Lani menghampiri ibunya di dapur untuk memberikan bantuan.

Lani : “Wah… Aroma masakannya wangi sekali, Bu! Ibu sedang memasak apa?”

Ibu : “Nanti kamu juga tahu. Ini masakan baru Ibu. Kemarin Ibu menonton acara memasak di televisi. Ibu sedang mencoba salah satu resep yang diajarkan di acara tersebut. Kamu pasti suka!”

Lani : “Wah, aku jadi penasaran! Hebat juga Ibu bisa belajar memasak dari televisi! Berarti aku juga bisa, ya!”

Ibu : “Televisi itu merupakan salah satu media elektronik yang paling banyak ditonton masyarakat kita, kan? Ada banyak informasi yang bisa diperoleh dari televisi, termasuk informasi tentang memasak ini. Selain televisi, sekarang ada internet yang menyediakan berbagai informasi melalui situs-situsnya. Yuk, bantu Ibu memasak. Tolong ambilkan spatula kayu itu untuk mengaduk sayuran yang sudah Ibu masukkan ke dalam masakan Ibu tadi, ya Lani.”

Baca Juga :  Dampak Perubahan Lingkungan Akibat Ulah Manusia

Lani : “Baik, Bu. Ngomong-ngomong, mengapa tidak memakai sendok sayur yang biasa kita pakai untuk mengambil sayur dari panci untuk mengaduk, Bu?”

Ibu : “Tahukah kamu sendok sayur yang biasa kita pakai itu terbuat dari bahan apa? Coba bandingkan dengan spatula kayu itu. Apakah keduanya terbuat dari bahan yang sama?”

Lani : “Sendok sayur itu terbuat dari logam dan spatula itu dari kayu. Lalu?”

Ibu : “Manakah yang menurut Lani akan mudah panas bila bersentuhan dengan kuah sayur yang mendidih di dalam panci itu? Sendok sayur dari logam itu atau spatula kayu?”

Lani : “Ah, saya tahu, Bu! Tentu saja sendok sayur logam akan lebih mudah panas! Saya tahu mengapa! Saat sendok logam ini mengenai kuah panas, panas dari kuah itu akan dialirkan melalui sendok logam itu, sehingga ia ikut panas. Itu konduksi, kan!”

Ibu : “Ah, kamu mengamati dengan baik, Lani! Jadi, mana yang akan kamu pakai untuk mengaduk sayur itu? Spatula kayu atau sendok sayur logam?”

Lani : “Ah, Ibu! Tentu saja spatula kayu akan saya pakai agar tanganku tidak kepanasan! Terima kasih sudah mengingatkanku, Ibu!”

Ibu : “Sama-sama, Nak.”

Ayo Membaca

Lani memilih benda yang terbuat dari bahan kayu untuk mengaduk kuah panas, karena ia tidak ingin tangannya kepanasan. Di sekitar kita, terdapat banyak bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik dan ada juga yang tidak menghantarkan panas dengan baik. Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama! Salah satu sumber bacaan berikut ini berasal dari buku elektronik,

Masih ingatkah kamu mengenai perpindahan panas atau kalor dengan cara konduksi? Perpindahan panas dengan cara ini, memerlukan zat perantara yang membantunya mengalirkan panas dari sumber panas ke benda yang lain. Ingatlah bahwa panas mengalir dari tempat yang panas menuju tempat yang lebih dingin. Ada perantara panas yang dapat menghantarkan panas dengan baik, ada yang tidak.  yaitu buku yang dimuat secara digital. Untuk melihat isinya, diperlukan jaringan internet dan alat elektronik seperti telepon genggam atau komputer pribadi. Oleh karenanya, buku elektronik menjadi salah satu media elektronik yang juga sering digunakan oleh masyarakat modern.

Bahan Konduktor dan Isolator

Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.

Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam. Panci, wajan penggorengan, dan beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari logam. Jenis logam yang paling sering digunakan untuk membuat alat-alat tersebut antara lain besi, aluminium, dan tembaga.

Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan bahan bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.

Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat. Perhatikanlah gambar di bawah ini! Panci yang biasa digunakan untuk memanaskan air ini terdiri atas bahan yang berbeda. Ada bahan yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator.

Baca Juga :  Ragam Gerak Tari Tradisional Nusantara

Pada gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas dialirkan ke pengguna panci. Aliran panas berhenti pada bahan isolator karena bahan tersebut, tidak dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga, penggunaan bahan isolator terutama untuk melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat tersebut sebagaimana mestinya.

Ayo Menulis

Perhatikan dengan saksama bacaan di atas, dan kamu akan menemukan beberapa kata yang dicetak miring. Tuliskan kata-kata tersebut di dalam tabel berikut, lalu carilah artinya dengan menggunakan kamus. Buatlah paling sedikit dua kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut dengan menggunakan kalimat lengkap dan kata yang baku.

Jawaban

KataArtiKalimat
BahanBarang yang akan dibuat menjadi satu– Aluminium merupakan bahan dasar untuk pembuatan panci.
  – Rel kereta api terbuat dari bahan berjenis logam
MenghantarMembawa atau mengirimkan– Benda berjenis logam merupakan salah satu bahan yang baik dalam untuk menghantarkan panas atau disebut konduktor.
  – Isolator merupakan salah satu sifat benda yang sulit menghantarkan panas.
KonduktorBenda atau bahan penhantar panas, arus listrik atau suara– Benda berjenis logam merupakan salah satu bahan yang baik dalam untuk menghantarkan panas atau disebut konduktor.
  – Besi, tembaga dan jenis logam lainnya merupakan contoh dari bahan yang bersifat konduktor
IsolatorPengisolasi/penyekat/pembatas– Isolator merupakan salah satu sifat benda yang sulit menghantarkan panas.
  – Kayu, plastik, kain merupakan beberapa contoh benda yang bersifat isolator
SemikonduktorBahan yang sedikit dapat menghantarkan panas– Bahan semikonduktor dapat ditemukan pada berbagai benda elektronik.
  – Silikon merupakan salah satu contoh komponen eletronik yang sering digunakan untuk bahan semikonduktor
AlatBenda yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu– Bahan yang bersifat isolator melindungi pemakai alat agar tidak terkena panas.
  – Alat dapur seperti panji, pisau merupakan barang yang bersifat konduktor

Jawaban Bacaan Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan 139

Berdasarkan bacaan di atas, tentukan hal-hal penting dari setiap paragraf bacaan. Tuliskanlah dalam bentuk kalimat pada tabel berikut ini.

Jawaban

ParagrafKalimat
Satu– Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor.
– Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator.
– Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor
Dua– Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari, biasanya terbuat dari bahan logam.
– Panci, wajan penggorengan, dan beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari logam.
– Jenis logam yang paling sering digunakan untuk membuat alat alat tersebut antara lain besi, aluminium dan tembaga
Tiga– Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator

– Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik.

Empat– Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat.
– Ada bahan yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator.
– Penggunaan bahan isolator terutama untuk melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat tersebut sebagaimana mestinya

Perlihatkanlah hasil pekerjaanmu kepada teman sebangkumu. Lihatlah persamaan dan perbedaannya. Kamu juga dapat mendiskusikan alasanmu memilih kalimat penting di setiap paragraf.

Baca Juga :  Rekomendasi Produk Tanaman Hias Kekinian

Apakah kalimat yang kamu buat mewakili pokok pikiran pada paragraf tersebut?

Dengan menggunakan hal-hal penting yang kamu tuliskan dalam bentuk kalimat di atas, kamu dapat juga menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskannya. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak mewakili satu paragraf.

Jawaban

Jawaban Bacaan Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan 140

Ceritakanlah diagram yang kamu buat di atas dalam sebuah kelompok yang terdiri atas paling banyak empat orang. Jelaskan pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan suara, intonasi, dan lafal yang jelas.

Mintalah tanggapan dari temanmu dan lakukanlah diskusi ketika ada pertanyaan di dalam kelompokmu.

Ayo Mengamati

Berdasarkan bacaan di atas, kamu tahu bahwa banyak benda di sekitar kita yang memiliki kemampuan menghantarkan panas yang berbeda. Bagaimana cara untuk mengetahui kemampuan menghantar sebuah benda?

Berikut ini adalah kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk menyelidiki kemampuan menghantarkan panas pada bahan yang berbeda-beda. Lakukanlah kegiatan ini di dalam kelompok. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, lalu ikutilah langkah kegiatannya. Amati dan catat setiap perubahan yang terjadi.

Alat dan bahan:

  1. Batang besi yang panjangnya lebih kurang 50 cm.
  2. Batang tembaga panjang lebih kurang 50 cm.
  3. Sumpit bambu yang ujungnya diikat dengan karet gelang.
  4. Sumpit dari bahan plastik, ujungnya diikat dengan karet gelang.
  5. Bahan kain untuk memegang benda panas
  6. Lilin.
  7. Korek api.

Langkah-langkah kegiatan:

Bakarlah besi di atas lilin yang telah dinyalakan dengan korek api. Peganglah ujung besi dengan tanganmu. Bila kamu telah merasakan panas, segera pindahkan besi dari nyala api.

Peganglah batang besi dengan menggunakan sumpit bambu.

Letakkan kembali ujung besi di atas nyala lilin. Apakah yang kamu rasakan? Catatlah. Mengapa demikian?

Ambil dan letakkan batang tembaga di atas nyala lilin. Bila terasa panas, pindahkan dari nyala api.

Lapisilah tembaga dengan kayu pada bagian ujung yang kamu pegang.

Letakkan kembali batang tembaga di atas nyala lilin. Apakah yang kamu rasakan? Mengapa demikian?

Lakukanlah kegiatan yang sama. Kali ini ganti sumpit bambu dengan sumpit berbahan plastik. Catat apa yang kamu lihat dan rasakan.

Ganti sumpit berbahan plastik dengan bahan kain yang biasa digunakan untuk memegang benda panas di dapur, untuk memegang besi dan tembaga yang telah dipanaskan di atas api lilin. Catat apa yang kamu lihat dan rasakan.

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan di atas.

1. Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan sumpit yang terbuat dari bambu?

Jawaban

Tangan tidak akan merasakan panas dari lilin yang mengaliri panas ke batang besi dan tembaga

2. Mengapa demikian?

Jawaban

Karena sumpit bambu merupakan benda yang memiliki sifat isolator sehingga tidak dapat menghantarkan panas

3. Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan sumpit dari bahan plastik?

Jawaban

Tangan tidak akan merasakan panas dari lilin yang mengaliri panas ke batang besi dan tembaga

4. Mengapa demikian?

Jawaban

Karena sumpit berbahan plastik merupakan benda yang memiliki sifat isolator sehingga tidak dapat menghantarkan panas

5. Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan bahan kain?

Jawaban

Tangan tidak akan merasakan panas dari lilin yang mengaliri panas ke batang besi dan tembaga

6. Mengapa demikian?

Jawaban

Karena bahan kain merupakan benda yang memiliki sifat isolator sehingga tidak dapat menghantarkan panas

7. Pada percobaan di atas, bahan manakah yang berfungsi sebagai konduktor?

Jawaban

Batang besi dan tembaga

8. Pada percobaan di atas, bahan manakah yang berfungsi sebagai isolator?

Jawaban

Sumpit bambu, sumpit plastik dan kain.

9. Sebutkanlah paling sedikit 3 bahan lain yang berfungsi sebagai isolator!

Jawaban

Kertas, karet, kaca, kayu

10. Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan percobaan di atas.
Kesimpulanku:

Jawaban

Kemampuan pada benda memili sifat yang berbeda, terlihat dari percobaan sebelumnya. Benda yang dapat mempercepat perpindahan panas atau kalor disebut konduktor, sedangkan benda yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator.

Batang besi dam tembaga merupakan benda yang bersifat konduktor, sedangkan sumpit bambu, sumpit plastik dan kain merupakan benda yang bersifat isolator

Kesimpulan

1. Apa saja hal menarik yang kamu lihat pada kegiatan pembelajaran kali ini?

Jawaban

Hal menarik yang ada di pembelajaran hari ini yaitu ada perbedaan sifat benda dalam menghantarkan panas. Menarik karena panas bisa sangat dirasakan kulit saat memegang benda tertentu, tapi juga bisa tidak terasa sama sekali

2. Adakah hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam?

Jawaban

Ya. Saya ingin lebih banyak tahu kenapa benda-benda memiliki sifat penghantar panas yang berbeda-beda.

3. Bagaimana usahamu untuk memenuhi rasa ingin tahumu terhadap topik pembelajaran kali ini?

Jawaban

Mencari informasi di buku dan juga di internet.

Kerja sama dengan orang tua bersama dengan orang tuamu, buatlah daftar barang di rumah sesuai sifat hantarannya. Manakah yang lebih banyak? Mengapa?

Jawaban:

  1. Meja : Isolator
  2. Kursi : Isolator
  3. Bantal : Isolator
  4. Pintu : Isolator
  5. Lemari : Isolator
  6. Baskom : Isolator
  7. Gayung : Isolator
  8. Buku : Isolator
  9. Paku : konduktor
  10. Kawat tembaga : konduktor
  11. Taplak meja : Isolator
  12. Tali tambang : Isolator
  13. Pakaian : Isolator

Benda yang ada di rumah lebih banyak bersifat isolator panas karena dipakai sehari-hari. Bila benda mudah menghantarkan panas maka tidak akan nyaman digunakan untuk sehari-hari.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Jawaban Bacaan Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 6 sub tema 3 pembelajaran 1. Semoga bermanfaat.