Biodata John Vincent Atanasoff Penemu Komputer Digital Pertama

Biodata John Vincent Atanasoff Penemu Komputer Digital Pertama

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata John Vincent Atanasoff seorang penemu komputer digital pertama. Penasaran ingin tahu tentang penemu komputer digital pertama, simak penjelasannya berikut ini.

John Vincent Atanasoff adalah seorang penemu komputer digital pertama di dunia. Dengan bantuan salah seorang muridnya Clifford E. Berry di Iowa State College, ia menciptakan Komputer ABC (Atanasoff-Berry Computer) pada tahun 1940an yang merupakan komputer digital pertama di dunia.

John Vincent Atanasoff lahir di New York, Amerika Serikat pada tanggal 4 Oktober 1903. Ayahnya, bernama Ivan Atanasov berasal dari Bulgaria. Pada tahun 1889, ayahnya bermigrasi ke Amerika Serikat.

Di Amerika, ayahnya tiba di Pulau Ellis, disana Ivan mengubah nama belakangnya menjadi Atanasoff. Ia menikah dengan seorang guru matematika bernama Iva Lucena Purdy yang kemudian melahirkan John Vincent Atanasoff bersama 9 saudaranya yang lain.

John Vincent Atanasoff sangat suka berbagai olahraga dan terutama bisbol. Ketika ayahnya membeli aturan slide Dietzgen untuk pekerjaannya, Atanasoff kemudian terpesona oleh alat matematika ini.

Dia cepat belajar bagaimana menggunakannya dan benar-benar kagum bagaimana dia bisa mendapatkan hasil yang benar menggunakan aturan slide Dietzgen. Tidak lama setelah itu, ia menjadi sangat tertarik pada ilmu matematika yang berada dibalik aturan slide Dietzgen itu.

Pada 9 tahun, Atanasoff mulai mempelajari fungsi trigonometri dan logaritma. Dengan bantuan ibunya, ia membaca berbagai buku matematika. Atanasoff dengan cepat menjadi terbiasa dengan persamaan diferensial dan konsep matematika yang cukup rumit.

Baca Juga :  Biodata Wilhelm Wien Penemu Hukum Radiasi Panas

Pada tahun 1919,  keluarga Atanasoff pindah ke Old Chicora, Florida. Di sinilah Atanasoff masuk ke sekolah menengah Mulberry. Atanasoff menyelesaikan seluruh pendidikannya dengan berkonsentrasi dalam ilmu sains dan matematika dan mendapat nilai A.

Atanasoff sangat ingin belajar mengenai fisika teori. Pada tahun 1921 Atanasoff diterima di Universitas Florida. Namun, universitas tidak menawarkan program khusus mengenai Fisika Teori dan Atanasoff lalu memilih jurusan teknik elektro.

Pada tahun 1925, Atanasoff lulus dengan nilai A dengan gelar Bachelor of Science di bidang teknik listrik. Atanasoff menerima berbagai penawaran beasiswa dari beberapa sekolah terbaik, termasuk Universitas Harvard.

John Vincent Atanasoff lalu memutuskan untuk menerima tawaran beasiswa dari Iowa State College yang terkenal dengan program teknik dan sainsnya. Di sinilah, kemudian ia menemukan komputer digital pertama di dunia.

Selama menempuh gelar masternya di Iowa State College, Atanasoff memiliki jadwal yang sangat sibuk. Sambil berkonsentrasi menyelesaikan studinya, Atanasoff juga mengajar dua mata kuliah matematika untuk mahasiswa sarjana. Disini Atanasoff bertemu dengan Lura Meeks yang kemudian menjadi istrinya.

Sejarah Komputer Digital Pertama

Sejak ditemukannya Difference Engine dan Analytical Engine oleh Charles Babbage yang disebut sebagai komputer pertama di dunia pada pertengahan tahun 1800an, Sejak saat itu komputer terus menerus disempurnakan.

Disertasinya berjudul ‘The Dielectric Constant of Helium’, membuat Atanasoff menjadi serius dalam bidang komputasi. Atanasoff lalu bekerja menggunakan kalkulator Monroe, yang merupakan salah satu kalkulator atau mesin hitung terbaik pada waktu itu.

Tetapi menggunakan kalkulator Monroe tetap saja itu memberinya waktu berjam-jam melakukan berbagai perhitungan. Pengalaman inilah yang membuat Atanasoff berpikir keras dalam mengembangkan mesin komputasi yang lebih baik.

Baca Juga :  Biodata Inge Lehmann Penemu Inti Bumi

Setelah Atanasoff menerima gelar Ph.D pada tahun 1930, ia menerima tawaran dari Iowa State Collage sebagai asisten profesor bidang matematika dan fisika. Di universitas Iowa, Atanasoff mulai membuat berbagai percobaan dengan vakum tabung dan sinyal radio serta berbagai perangkat elektronik.

Atanasoff bertekad untuk mengembangkan mesin komputasi canggih. Disaat yang sama Atanasoff dipromosikan menjadi associate professor di bidang fisika dan matematika. Atanasoff terus memeriksa berbagai perangkat hitung matematika dan dia mengelompokkannya menjadi dua kelompok: perangkat analog dan digital.

Masalah utama yang ditemukan Atanasoff yakni perangkat analog sangat lambat dan akurasinya tergantung pada kinerja semua bagian di dalamnya. Dalam arsip Iowa State Collage disebutkan bahwa setelah menerima hibah $ 650 dari Iowa State College pada bulan Maret 1939, Atanasoff mulai mengembangkan perangkat komputer digital.

Komputer ABC, Komputer Digital Pertama di Dunia

Atanasoff mempekerjakan seorang mahasiswa teknik elektro yang sangat cerdas bernama Clifford E. Berry. Dari tahun 1939 hingga 1941 mereka bekerja mengembangkan sebuah perangkat komputer digital pertama di dunia dan memberinya nama ABC, Atanasoff-Berry Computer.

Atanasoff dikenal sebagai penemu komputer digital pertama dan Komputer ABC temuannya dirancang dengan tujuan tertentu untuk memecahkan sistem simultan hingga 29 persamaan linear. Komputer ABC bukanlah komputer untuk keperluan umum artinya tidak mengimplementasikan arsitektur program yang tersimpan.

Komputer ABC menerapkan 3 hal paling penting yang digunakan dalam komputer saat ini. Yang pertama dan mungkin paling penting adalah komputer ABC sudah menggunakan digit biner (1 dan 0) untuk mewakili semua angka dalam data yang diberikan.

Yang kedua adalah melakukan semua perhitungan menggunakan elektronik. Dan yang ketiga menggunakan prinsip dari arsitektur Von Neumann di mana memori dan perhitungan terpisah. Komputer ABC temuan Atanasoff tidak pernah dipatenkan.

Baca Juga :  Biodata Abu al-Qasim al-Zahrawi Penemu Ilmu Bedah Modern Pertamakali

Sebelum ini, komputer ENIAC (Electronic Numerical Integrator dan Computer) dianggap sebagai komputer pertama yang menggunakan kata-kata modern. Namun pada tahun 1973, Pengadilan Distrik AS memutuskan Komputer ABC sebagai komputer digital pertama di dunia.

John Vincent Atanasoff  sebagai penemu komputer digital pertama dianugerahi Medali Teknologi Nasional oleh Presiden George H. W. Bush pada tanggal 13 November 1990.

Penutup

Itulah biodata John Vincent Atanasoff seorang penemu komputer digital pertama. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Penemu.co

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski