Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 50 Apa yang terjadi ketika lilin dipanaskan menggunakan api

Apa yang terjadi ketika lilin dipanaskan menggunakan api

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 50 Apa yang terjadi ketika lilin dipanaskan menggunakan api. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Bagaimana Wujud Benda Berubah?

Wujud zat bisa berubah-ubah, seperti es krim yang dimakan oleh Banu, dari wujud padat berubah menjadi wujud cair. Seperti uap air yang muncul dari gerobak penjual jagung rebus, awalnya berwujud cair kemudian berubah menjadi wujud gas. Bagaimana wujud suatu zat dapat berubah-ubah? Apa yang membuat suatu zat berubah dari suatu wujud ke wujud lainnya?

Apa Itu Mencair dan Membeku?

Mari Mencari Tahu

Perubahan Wujud pada Lilin

Alat dan bahan:
1. termometer;
2. korek api;
3. lilin.

Langkah Percobaan

1. Ukur suhu ruangan di sekitar kalian!

2. Nyalakan lilin, kemudian dekatkan termometer ke nyala api dan ukur suhunya (termometer tidak menyentuh api, hanya di dekatnya saja).

3. Perhatikan wujud lilin yang ada di sekitar api dan yang berada jauh dari api. Apakah ada perbedaan yang bisa kalian amati?

4. Matikan lilin lalu perhatikan apakah ada perubahan wujud lilin di sekitar api pada saat api menyala dengan wujud lilin pada saat api padam?

5. Nyalakan api pada pembakar spiritus menggunakan korek api!

Baca Juga :  Pengertian Telex, Tata Cara Pengiriman dan Penggunaan

6. Ambil sebatang lilin lalu panaskan lilin di atas pembakar spiritus lalu amati apa yang terjadi.

Mari Refleksikan

1. Apa yang terjadi ketika lilin dipanaskan menggunakan api?

Jawaban : Yang terjadi ketika lilin dipanaskan menggunakan api ialah lilin akan meleleh menjadi wujud cair.

2. Mengapa lilin dapat kembali menjadi padat setelah didinginkan?

Jawaban : Lilin dapat kembali menjadi padat setelah didinginkan karena lelehan lilin tersebut jauh dari energi panas (api) sehingga suhunya menurun yang menyebabkan lelehan lilin tersebut akan kembali padat

3. Menurut kalian apa faktor kunci yang menyebabkan suatu benda bisa berubah menjadi cair ataupun berubah menjadi padat?

Jawaban : Faktor kunci yang menyebabkan suatu benda bisa berubah menjadi cair ataupun berubah menjadi padat karena benda cair akan berubah menjadi padat apabila energi panasnya turun. Benda padat akan berubah menjadi cair apabila mendapat energi panas.

Belajar Lebih Lanjut

Api memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan suhu ruangan. Ketika ada api, maka suhu di sekitar api akan naik. Kenaikan suhu ini bisa membuat lilin yang ada di sekitar api berubah wujud dari padat menjadi cair. Kenaikan suhu ini juga yang membuat lilin berubah dari padat menjadi cair. Perubahan wujud benda dari padat ke cair disebut dengan mencair atau meleleh.

Beberapa benda padat bisa mencair, tetapi memang tidak semuanya mudah mencair seperti lilin, es batu, dan agar-agar. Ada benda-benda yang membutuhkan kalor lebih banyak. Apa itu kalor? Kalor adalah energi panas yang bisa diterima dan diteruskan oleh satu benda ke benda lain. Semakin banyak kalor yang diberikan, semakin cepat suatu benda mencair. Semakin besar api yang dinyalakan, semakin cepat suatu benda mencair.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 13 Darimana tumbuhan mendapatkan karbon dioksida untuk proses fotosintesis

Sebaliknya ketika suatu benda yang sifatnya cair bisa berubah menjadi padat ketika zat cair itu kehilangan kalor. Dalam bahasa lain, ketika suhunya diturunkan (didinginkan) maka suatu zat cair bisa berubah menjadi padat. Contohnya seperti lilin dan agar-agar. Ketika api pada lilin dimatikan, maka suhu di sekitarnya akan turun. Akibatnya lilin di sekitar api yang awalnya berwujud cair berubah menjadi berwujud padat. Sama halnya dengan agar-agar. Ketika didinginkan (suhunya diturunkan) maka agar-agar akan berubah wujud dari cair menjadi padat.

Perubahan wujud benda dari cair menjadi padat ini disebut membeku.. Ada zat-zat yang membeku di suhu yang sangat dingin seperti air, tapi ada juga zat-zat yang membeku di suhu biasa (suhu ruang) seperti agar agar, lilin, lemak, cokelat dan sebagainya.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 50 Apa yang terjadi ketika lilin dipanaskan menggunakan api. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar Sobat semua. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Fike