Review OPPO A76 Beserta Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru

Review OPPO A76 Beserta Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru

Wacaberita.comReview OPPO A76 Beserta Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru – Hai Sobat Pewaca, Kembali lagi kami akan membagikan informasi seputar dunia teknologi. Kali ini kami akan membahas tentang spesifikasi OPPO A76 beserta harga terbaru di pasar smartphone. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai spek OPPO A76.

Review OPPO A76

Review OPPO A76 Beserta Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru

Sama seperti kebanyakan ponsel kelas menengah OPPO saat ini, A76 memiliki penutup belakang dengan teknologi OPPO Glow yang menawan. Kebetulan varian yang saya coba adalah Glowing Black, jadi gradasi warnanya tidak semewah Glowing Blue. Varian warna hitam ini terlihat pekat namun tetap memiliki sisi elegan berkat efek glowingnya saat terkena cahaya.

Mungkin ada yang belum tahu, OPPO Glow tidak hanya soal finishing yang enak dipandang mata, tapi juga berfungsi untuk melindungi back cover dari goresan. Selain itu, lapisan ini tidak mudah menempel pada bekas jari sehingga tidak mudah terlihat kotor.

OPPO A76 merupakan smartphone yang tahan terhadap percikan air. Anda tidak perlu khawatir jika Anda berada di luar ruangan dan tiba-tiba hujan, atau saat ponsel Anda menumpahkan air minum.

Untuk dioperasikan dengan satu tangan, pas di genggaman dengan ketebalan 8.4mm dan berat 189 gram. Selain itu, finishing OPPO Glow terasa nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Tidak licin, tapi juga tidak kasar.

Sensor sidik jari ada di samping dan terpasang pada tombol power. Di bagian bawah, Anda akan menemukan port USB Type-C, jack audio 3,5mm, dan jack speaker. Ada tiga slot yang tersedia, dua nano-SIM dan satu khusus didedikasikan untuk microSD. Dalam paket penjualannya, OPPO A76 menyediakan soft case dengan kualitas yang menurut saya cukup baik, dan layarnya sudah terpasang perlindungan ekstra.

Baca Juga :  Review Iphone 11 Pro Beserta Spesifikasi dan Harga Terbaru

Smartphone yang merupakan penerus A74 ini mengandalkan layar HD berukuran 6,56 inci dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling 180Hz. Rasio screen-to-body mencapai 89,9 persen yang berarti bezelnya cukup tipis sehingga lebih memuaskan untuk menikmati konten.

Dengan refresh rate yang tinggi, pergerakan gambar di layar akan terlihat lebih mulus. Sedangkan sampling sentuh 180Hz memberikan responsivitas yang baik dan sangat berguna dalam skenario penggunaan seperti bermain game. Yang mungkin sedikit disayangkan adalah resolusinya yang belum FHD+. Namun, di sisi lain, resolusi HD+ membuat performa lebih ringan dan hemat daya.

Dengan resolusi HD+, sebenarnya ketajaman layar OPPO A76 masih cukup bagus. Tingkat kecerahannya standar saja dan masih ideal untuk digunakan di bawah terik matahari. Penyajian warnanya sendiri cukup memanjakan mata. Sedikit tentang audio, A76 hanya dilengkapi dengan speaker mono di bagian bawah, bukan stereo.

OPPO A76 menawarkan kamera belakang ganda yang terdiri dari sensor utama 13 MP f/2.2 dan potret 2 MP untuk membantu menghasilkan efek bokeh. Ketiadaan kamera ultra-wide memang sedikit disayangkan mengingat harga ponsel ini sudah di atas 3 juta rupiah. Sedangkan bagi yang suka selfie, OPPO membekali kamera depan 8 MP f/2.0.

Hasil foto masih terbilang bagus dalam kondisi cahaya yang ideal. Dari segi detail, reproduksi warna, dan dynamic range berada pada level yang aman meski sebenarnya bisa lebih ditingkatkan. Warna foto cenderung natural.

Jika mode AI diaktifkan, software secara otomatis akan menaikkan warna menjadi lebih kaya, meskipun dalam beberapa kondisi menghasilkan foto yang jauh dari warna aslinya, misalnya dalam pemotretan dalam ruangan seperti pada contoh di bawah ini: (foto pertama dengan AI, foto kedua menggunakan mode Pro atau manual)

Kehadiran kamera potret di sini menurut saya cukup membantu dalam menghasilkan efek bokeh dengan pemisahan latar belakang yang rapi. Sedangkan untuk pemotretan low-light, Night Mode dapat memberikan hasil foto yang cerah dan minim noise, namun dengan ketajaman yang menurun.

Baca Juga :  Review Iphone 12 Pro Beserta Spesifikasi dan Harga Terbaru

Untuk perekaman video, OPPO A76 memberikan resolusi maksimal 1080p 30fps. Sebenarnya, ekspektasi awal saya adalah 60fps. Perlu dicatat, smartphone ini belum didukung EIS sehingga video kurang stabil saat merekam sambil berjalan.

Dari sektor performa, OPPO A76 dipersenjatai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 680 yang menggunakan fabrikasi 6nm. Jadi selain cepat, chipset ini menawarkan efisiensi daya 20 persen lebih baik dari generasi sebelumnya.

Snapdragon 680 dilengkapi dengan kecepatan CPU hingga 2.4GHz, dan GPU Adreno 610. Untuk memori, Anda akan menemukan RAM 6 GB yang didukung oleh fitur RAM Expansion untuk meningkatkan kapasitasnya menjadi 5 GB, sehingga total menjadi 11 GB. Penyimpanan internalnya sendiri adalah 128 GB.

Untuk penggunaan sehari-hari performa ponsel ini sangat memadai. Sangat gesit untuk menjelajah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, dan menyenangkan untuk melakukan banyak tugas. Jika mengacu pada hasil benchmark, performanya sedikit di atas ponsel yang dibekali Snapdragon 662 atau 665.

Pengalaman bermain game yang saya rasakan cukup menyenangkan. Memang, A76 bukanlah ponsel tercepat di kelas harganya. Tapi setidaknya, saya masih bisa memainkan game seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile dengan lancar di pengaturan grafis tertentu.

Bagaimana dengan baterai? 5.000mAh. Kapasitas standar namun terasa istimewa berkat manajemen daya yang luar biasa dari ColorOS 11. Sangat mudah untuk pergi seharian dengan OPPO A76 tanpa harus mengisi daya di siang atau malam hari. Padahal, biasanya durasi pemakaian saya mencapai 1,5 atau 2 hari kalau tidak terlalu intens.

Nah, yang jadi sorotan pasti teknologi SuperVOOC 33W, karena ini pertama kali hadir di ponsel OPPO A series. Pengisian daya selama 5 menit memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon hingga sekitar 3,5 jam, atau mengakses YouTube selama 2 jam 10 menit. Bahkan untuk mencapai 50 persen hanya membutuhkan waktu 31 menit. Padahal kapasitas baterainya besar, 5.000 mAh.

Baca Juga :  Dell Inspiron One 2310, All in One Desktop PC

Rahasianya, OPPO menyematkan sistem baterai 2 cell yang masing-masing berkapasitas 2.500 mAh. Dengan begitu proses charging menjadi jauh lebih efisien. Logikanya, dibandingkan dengan mengisi satu baterai 5.000 mAh, akan lebih cepat untuk mengisi dua baterai 2.500 mAh secara bersamaan.

Spesifikasi OPPO A76 Lengkap

Berikut spesifikasi OPPO A76 selengkapnya:

Rilis                                      Juli 2022

Layar                                    6.56 IPS LCD 90Hz

Chipset                                Qualcomm Snapdragon 680 4G (6 nm)

GPU                                      Adreno 610

Eksternal                             Tersedia slot microSD

Internal                               6/128 GB

Kamera Belakang              13 MP (wide), 2 MP (depth)

Kamera Depan                   8 MP (wide)

Baterai                                 Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W

Harga OPPO A76 Terbaru

Berikut ini adalah harga OPPO A76 terbaru.

Harga Rp 3.400.000

Demikian artikel mengenai Review OPPO A76 Beserta Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru yang dapat kami bagikan kepada Sobat Pewaca. Semoga artikel yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Sobat Pewaca semua. Jangan lupa selalu nantikan dan update artikel terbaru seputar teknologi dari kami. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga:

You May Also Like

About the Author: Wiwit Husni