Soal UP PGSD Penilaian Belajar PPG Dalam Jabatan

Soal UP PGSD Penilaian Belajar PPG Dalam Jabatan

Soal UP PGSD Penilaian Belajar PPG Dalam Jabatan – Halo sob, kali ini waca berita akan membagikan contoh soal dan pembahasannya. Nah, kali kita akan bersama sama membahas Soal UP PGSD Penilaian Belajar PPG Dalam Jabatan. Soal- soal yang ada bisa kalian gunakan untuk belajar dalam menghadapi Ujian Pengetahuan yang dilaksanakan sebagai akhir dari Program PPG Dalam Jabatan. Soal soal ini sering muncul dalam Uji Pengetahuan yang sesuai dengan kisi-kisi. Langsung saja inilah beberapa Soal UP PGSD Teori Belajar PPG Dalam Jabatan.

Soal UP PGSD Penilaian Belajar Paket 1

Pada RPP tertulis indikator “ Peserta didik mampu memperkenalkan diri sendiri dan orang lain”. Bentuk penilaian yang paling tepat adalah . . .

a. Penilaian portofolio
b. Penilaian proyek
c. Tes pemahaman
d. Penilaian kinerja
e. Jurnal

Pembahasan:
Penilaian portofolio adalah kumpulan karya yang diambil selama proses pembelajaran
Penilaian proyek adalah pemberian tugas dengan jangka waktu tertentu
Penilaian kinerja digunakan pada penilaian praktik untuk mengukur hasil hasil kerja
Jurnal digunakan untuk mencatat perilaku sikap peserta didik

Pada RPP guru menuliskan kegiatan pembelajaran yaitu menganalisis hasil pengamatan tentang ciri – ciri bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok , serta menyimpulkan konsep bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok. Penilaian yang tepat untuk mengukur keterampilan siswa adalah . . .

a. Praktik bernyanyi yang baik
b. Tes konsep dasar bernyanyi
c. Pengamatan guru saat bernyanyi
d. Sikap siswa saat diskusi
e. Produk diskusi siswa

Pembahasan:
Praktik bernyanyi yang baik : keterampilan / kinerja
Tes konsep dasar bernyanyi : Pengetahuan
Pengamatan guru saat bernyanyi : sikap
Sikap siswa saat diskusi : sikap
Produk diskusi siswa : keterampilan

Seorang guru hendak menilai kelebihan dan kelemahan siswa dalam menghargai perbedaan di kelasnya. Untuk menilai hal tersebut, instrumen yang dapat digunakan guru adalah . . .

Baca Juga :  Soal UP PGSD Teori Belajar PPG Dalam Jabatan

a. Lembar observasi
b. Skala sikap
c. Lembar penilaian diri
d. Lembar penilaian antar teman
e. Jurnal

Salah satu rumusan indikator tujuan pembelajaran adalah dengan disajikan informasi yang mengandung beberapa kemungkinan kesimpulan, peserta didik dapat menentukan kesimpulan yang paling tepat disertai alasannya. Peserta didik mengamati grafik berisi data tingkat kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. Bentuk penilaian otentik holistik yang cocok diterapkan adalah . . .

a. Tes uraian
b. Tes obyektif pilihan
c. Tes obyektif jawaban singkat
d. Tes lisan mengungkap proses penarikan kesimpulan
e. Tes perbuatan ( performance )

Pak Tanu memberikan tugas kepada Riko untuk mendeklamasikan puisi. Puisi tersebut dibacakan dengan penuh penghayatan, mulai dari gerak tangan, gerak tubuh dan mimik wajahnya. Untuk penilaian deklamasi puisi, Pak Tanu melaksanakan penilaian . . .

a. Produk
b. Tes tulis
c. Unjuk kerja
d. Portofolio

Pak Salman adalah guru kelas 5 SD, hari ini Pak Salman akan memberikan tugas kepada siswa untuk membuat peta di kertas gambar ukuran A3, sesuai dengan apa yang ditugaskan kemarin. Pak Salman akan menilai hasil dari menggambar peta dengan kriteria estetika dan kualitas teknis. Maka Pak Salman melaksanakan penilaian . . .

a. Unjuk kerja
b. Portofolio
c. Produk
d. Tes tulis

Warga Desa Sukamaju tiap minggu sekali selalu melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan. Pak Taro adalah guru di SDN Sukamaju. Dan akan menugaskan kepada murid – muridnya kelas 6 untuk melakukan pengamatan kegiatan warga tiap hari minggu selama 1 bulan. Murid – murid meneliti apakah pada hari Minggu ada kegiatan kerja bakti, berapa orang yang ikut kerja bakti di Minggu I, II,III,IV. Mencatat mengapa ada warga yang tidak ikut kerja bakti. Setelah 1 bulan hasil pengamatan tersebut dikumpulkan ke Pak Taro. Penilaian apakah yang sesuai dengan study kasus tersebut . . .

Baca Juga :  Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 21

a. Unjuk kerja
b. Portofolio
c. Produk
d. Proyek

Kumpulan hasil karya seorang peserta didik , sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja yang ditentukan oleh guru atau peserta didik bersama guru, Sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum adalah pengertian dari penilaian . . .

a. Unjuk kerja
b. Portofolio
c. Produk
d. Proyek

Pak Sugeng telah melaksanakan pembelajaran IPA, dan Pak Sugeng akan melaksanakan tes formatif berupa tes tulis untuk murid – muridnya. Pak Sugeng ingin tes tersebut dijawab oleh siswa dengan hasil pemikiran sendiri dan dapat mengembangkan jawaban dari soal yang diberikan. Tes yang diberikan Pak Sugeng adalah tes . . .

a. Pilihan ganda
b. Wawancara
c. Unjuk kerja
d. Uraian

Kriteria penilaian untuk menilai portofolio ditetapkan oleh . . .

a. Sekelompok guru
b. Guru dengan siswa
c. Guru dengan kepala sekolah
d. Guru dan orang tua siswa

Pembahasan:
Kriteria penilaian harus ditetapkan Bersama oleh guru dan siswa. Penilaian portofolio dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. Portofolio juga harus dapat diakses secara langsung oleh orang – orang yang berkepentingan seperti guru, siswa, sekolah dan orang tua.

Nah, sobat wacaberita, itulah Soal UP PGSD Penilaian Belajar PPG Dalam Jabatan yang bisa kalian gunakan sebagai bahan belajar dalam menghadapi Uji Pengetahuan PPG Dalam Jabatan. Semoga bermanfaat!