Kumpulan Resep Masakan Keluarga

kumpulan resep masakan

Kumpulan Resep Masakan Keluarga – Sobat, tahukah kamu kehangatan dan kedekatan keluarga bisa diperoleh dengan cara sederhana? Salah satunya adalah memasak dan menyajikan makanan untuk keluarga. Sebagai ibu rumah tangga tentunya Sobat tidak ingin melewatkan momen makan bersama bukan? Masakan juga bisa menjadi kunci keluarga bahagia lho, banyak yang merasa rindu rumah karena masakannya sudah ditemukan di tempat lain.

Baca Juga :  Manfaat Daun Dadap, Sumber Antioksidan dan Anti Kanker

Nah buat Sobat yang suka masak dan mau tidak mau harus menyediakan masakan untuk keluarga, tentunya kamu juga tidak mau jika masakan yang disajikan itu-itu saja bukan? Sobat bisa memasak dengan varian baru dan sederhana. Pasalnya sekarang ini kamu bisa dengan mudah menemukan resep masakan tanpa harus bersusah payah.

Kumpulan Resep Enak, Murah dan Mudah Dimasak

Untuk itu pada rubrik ini redaksi Waca Berita akan menyajikan berbagai resep masakan keluarga yang diambil dari berbagai sumber. Bahan yang digunakan pun sebisa mungkin yang mudah didapatkan di sekitar Sobat.

Wacaberita akan membagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan bahan utama yang digunakan. Silakan Sobat pilih sendiri resep manakah yang akan Sobat coba di rumah. Semoga resep masakan yang kami sajikan ini bermanfaat dan bisa membawa keberkahan serta kebahagiaan di tengah keluarga Sobat semua. Selamat memasak!

Kumpulan Resep Berbahan Ayam

Sobat, kumpulan resep ini berbahan dasar daging ayam. Sobat pasti tahu, daging ayam merupakan produk hewani mudah ditemui di mana saja. Daging ayam kaya akan manfaat baik untuk tubuh. Salah satu gizi yang terkandung di dalamnya adalah protein. Protein daging ayam mampu mencegah depresi otak, mencegah tulang keropos, baik untuk jantung, kaya akan selenium (mineral penting untuk tubuh), menjaga sistem metabolisme tubuh, membantu menjaga kesehatan mata, dan masih banyak lagi lainnya.

Daging ayam adalah salah satu bahan andalan untuk memasak. Ayam bisa diolah menjadi masakan yang lezat dan istimewa. Ayam bisa diolah jadi berbagai menu masakan yang menggugah selera, seperti digoreng atau dibakar. Akan tetapi jika kamu bosan dengan masakan ayam yang begitu-begitu saja, kamu bisa mengkreasikan ayam jadi menu istimewa lainnya.

Baca Juga :  Biodata Ibnu Miskawaih, Cendekiawan Muslim Ahli Kedokteran

Namun sebelum mulai masak, kamu perlu mengetahui bagaimana cara memasak ayam yang benar. Pertama, pilihlah ayam yang masih muda, daging ayam muda memiliki rasa yang lebih lezat dan tekstur dagingnya nggak terlalu keras. Kedua, jangan menyimpan ayam terlalu lama di dalam lemari es. Setidaknya maksimal dua hari. Jika terlalu lama, bisa merusak kesegaran ayam dan teksturnya bisa berubah.

Ketiga, saat merebus ayam gunakan air perasan tebu atau air kelapa. Merebus dengan dua air ini dapat membuat daging ayam lebih empuk dan lunak. Selain itu juga bisa menambah cita rasanya.
Namun kalau tidak ada dua air itu, kamu juga bisa merebus ayam seperti biasa. Dengan memperhatikan tingkat kematangan dan keempukan ayam. Kenyang dapat, sehat pun juga diraih.

Berikut langsung bisa Sobat pilih resep masakan berbahan ayam yang cara memasaknya tidak terlalu ribet.

Daftar Aneka Resep Berbahan Ayam

Ayam Kecap
Ayam Goreng Mentega
Ayam Goreng Bawang Putih Pedas
Ayam Teriyaki
Ayam Bakar Bumbu Padang
Ayam Bakar Madu
Ayam Serundeng
Ayam Cincang Pedas ala Thailand
Ayam Woku
Ayam Geprek
Tumis Ayam Kemangi Kacang Panjang
Ayam Goreng Tepung Renyah
Ayam Taliwang
Ayam Gulai
Ayam Goreng Bacem
Ayam Coca Cola
Ayam Lodho
Semur Ayam
Sup Ayam Ginseng ala Korea
Ayam Goreng Balado
Ayam Goreng Lengkuas
Ayam Rebus Pakchamkee
Ayam Goreng Ketumbar
Krengsengan Ayam
Ayam Saus Inggris
Ayam Pindang Serani
Nugget Ayam
Ayam Suwir Kemangi
Pepes Ayam
Ayam Goreng Batam
Chicken Pok pok

Kumpulan Resep Berbahan Ikan

Sobat, kelezatan dan kandungan gizi ikan juga nggak kalah dari daging. Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam ikan yaitu asam lemak omega-3 DHA dan EPA pastinya dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga :  Resep Ayam Goreng Bawang Pedas

Ada bermacam jenis ikan dengan tekstur dan rasa yang berbeda. Sobat Waca Berita bisa mengolah ikah menjadi masakan ala rumahan yang begitu menggugah selera. Dengan berbagai cara masak, mulai dari tim, goreng, bakar, kukus, tumis dan masih banyak lainnya.

Olahan ikan ini bisa menjadi menu sajian menarik dan anti bosan tentunya, Sob! Silakan Sobat pilih resep masakan ikan mana yang akan Sobat coba berikut ini.

Daftar Aneka Resep Berbahan Ikan

Tongkol Suwir
Ikan Masak Kecap
Nila Sambal Kemangi
Tuna Bumbu Rujak
Kakap Asam Manis
Pesmol Ikan Kembung
Sup Ikan Tomat Pedas
Pepes Ikan Mas
Pindang Masak Santan
Ikan Mas Kuah Kemangi
Ikan Kembung Bakar
Ikan Bumbu Kuning Bumbu Sarden
Tongkol Bakar Bumbu Rica-rica
Kothokan Pindang
Tenggiri Asam Pedas

Kumpulan Resep Olahan Nasi

Nasi merupakan makanan pokok sehari-hari, terutama bagi masyarakat Indonesia. Nasi menjadi sumber karbohidrat utama daripada makanan lainnya. Dalam satu porsi nasi putih seukuran mangkok (180 gram), setidaknya terkandung 50 gram karbohidrat.

Selain karbohidrat, nutrisi lain yang terkandung dalam nasi putih antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium. Biasanya masyarakat menyantap nasi putih dengan aneka lauk pauk seperti telur, ayam, daging, sayur dan lain sebagainya.

Nasi putih memang cenderung tidak memiliki rasa, namun jika dikunyah hingga lumat maka akan terasa manis. Rasa manis disebakan oleh gula yang dihasilkan dari pencernaan enzim ptialin.

Agar tidak bosan mengonsumsi nasi putih, selain dengan memadukan lauk, nasi juga dapat dikreasikan menjadi berbagai masakan seperti nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, bahkan nasi bakar.

Cara menghasilkan rasa nasi yang bervariasi, kamu dapat memasaknya dengan berbagai macam kreasi.

Berikut ini aneka resep olahan nasi yang bisa Sobat coba di rumah.

Daftar Aneka Resep Berbahan Nasi

Nasi Bakar Sambel Teri
Nasi Liwet Teri
Nasi Kuning
Nasi Uduk Rice Cooker
Nasi Kebuli
Nasi Tim Ayam Jamur
Nasi Biryani
Nasi Hainan Chicken
Nasi Gila
Nasi Lemak Pandan

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi